Web Browser Grand Prix 5: Opera 11.50, Firefox 5, And Chrome 12

Saat ini pilihan untuk browsing atau surfing di internet cukup beragam. Paling tidak ada 5 pilihan utama, yaitu: Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera dan Safari. Mana yang sebaiknya kita pilih untuk dijadikan browser utama ? Sebagai referensi atau panduan, kita bisa melihat melalui Web Browser Grand Prix.
Tomshardware.com, website yang sering mengulas berbagai hal tentang hardware komputer, sejak Maret 2010 yang lalu memulai review atau ulasan 5 web browser terpopuler serta membandingkan kemampuannya satu persatu, kemudian setelah melalui berbagai perbandingan dan uji coba, akan di ambil satu juara atau web browser terbaik. Ulasan dan perbandingan ini di istilahkan dengan Web Browser Grand Prix (WBGP).
Beberapa waktu yang lalu tomshardware sudah sampai pada WBGP edisi ke 5, dan yang dibandingkan adalah 5 web browser terbaru saat itu, yaitu :
  • Google Chrome 12
  • Mozilla Firefox 5
  • Internet Explorer 9 ( untuk windows vista dan 7 )
  • Opera 11.50
  • Safari 5.05
Pengujian dilakukan pada sistem operasi Windows 7 64bit di komputer desktop dan Windows 7 32 bit di Netbook, dengan server lokal Ubuntu 10.04. Selanjutnya test yang dilakukan sebanyak 37 macam, dengan masing-masing test ada yang dilakukan 1 sampai 5 kali. Beberapa test yang dilakukan antara lain :
  • Waktu startup antara 1 Tab dan 8 Tab
  • Loading ketika membuka web Google, Facebook, Youtube, Yahoo dan MSN
  • Test kecepatan (performa) eksekusi Javascript, Javascript 2D, Flash, Java, Silverlight, WebGL, CSS3, dan juga HTML5
  • Test penggunaan Memory (RAM) komputer
  • Serta berbagai test lainnya, silahkan lihat detailnya di halaman Methodology

Siapakah sang Juara

Setelah dilakukan berbagai test untuk masing-masing web browser, dan dibandingkan hasilnya, memang tidak ada salah satu yang unggul di semua kriteria yang digunakan. Berikut kesimpulan akhir hasil analisis, masing-masing browser dan pemenang di tiap kategorinya :
Untuk melihat detail masing-masing test yang ditampilkan dalam grafik, silahkan langsung menuju halaman Web Browser Grand Prix 5. Akhirnya, di edisi 5 ini, WBGP memutuskan bahwa sang juara adalah Google Chrome 12.
Setelah Google Chrome menduduki peringkat pertama, selanjutnya peringkat kedua diduduki oleh Internet Explorer 9 baru kemudian di ikuti oleh Firefox 5 (meskipun peringkat 2 dan 3 ini masih bisa menjadi perdebatan). Peringkat terakhir diduduki oleh Safari 5. Dengan adanya grand prix ini, cukup membantu kita untuk memilih web browser utama yang akan kita gunakan. Meskipun kadang banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan untuk memilih web browser. 

Informasi selengkapnya : Web Browser Grand Prix 5

Category:

1 komentar:

LUKISAN ABSTRAK MODERN mengatakan...

Saya masih setia ama browser Mozila,, hehehe, ya mau jg coba yg lain, makasih gan :D

Salam SUPER - LUKISAN MINIMALIS

Posting Komentar