Web Programming Using ASP


Ebook ini merupakan panduan dasar pembuatan web menggunakan bahasa pemrograman ASP.

Pendahuluan
Pastilah kita pernah mengunjungi suatu situs yang sangat berkesan, misalnya dari sisi layout dan desainnya atau dari sisi interaktifnya, seperti bhinneka.com, amazon.com, ebay.com, dan lain-lain. Pastilah kita pernah mengisikan sesuatu pada sebuah situs baik  itu  sebuah buku tamu, polling, email dan lain-lain. Lalu kita juga dapat melihat pada halaman tersebut seperti tanggal saat ini, jam, dan jumlah pengunjung yang telah
melihat situs tersebut.

Sebelum kita meranjak ke materi lainnya, ada baiknya kita mengeri dahulu cara kerja Internet dalam hal ini  konsep client server dan peer to peer. Kita tidak usah membicarakan bagaimana data berjalan dan  sampai ketujuan dengan  melewati berbagai perangkat-perangkat jaringan computer karena tidak akan habis dibahas dalam satu bab. 

Konsep client server adalah koneksi  dan  komunikasi yang  dilakukan dua  computer dimana satu sisi bertindak sebagai klien dan sisi lain sebagai server, server hanya melayani permitaan klien dank lien mengirimkan atau meminta  suatu  prose pada server. Sedangkan peer  to peer adalah konsep teknologi dimana antara  kedua sisi tersebut menjadi kabur, satu sisi computer tersebut bisa  berupa client dengan meminta  suatu layanan ke server dan sisi lain  computer tersebut bisa berupa server dengan menerima proses permintaan dari client.  
Web dibuat dengan suatu bahasa pengkodean HTML, agar dapat interaktif maka seorang web development membuat suatu pemrograman agar dapat interaksi antara pengunjung dan situs tersebut, ada banyak bahasa yang dapat digunakan seperti ASP, PHP, Javascript, dan lain-lain.

Contohnya pada saat kita masuk ke situs  tertentu, terdapat hit counter, jam, dan bukutamu, dan halaman polling. Lalu pertanyaan dasar gimana kita membuat ini, apakah bisa diwujudkan dengan hanya menggunakan HTML, atau butuh suatu script lain untuk mewujudkannya. Jawabannya dengan kode HTML ini bisa diwujudkan dengan sangat sederhana dan terbatas kemampuannya. 

Category:

0 komentar:

Posting Komentar